eCommerce Meningkat Selama Bulan Ramadhan

toko-online-ramai-saat-ramadhanSelain umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa di Indonesia, pelaku bisnis eCommerce pun merasakan berkah. Betapa tidak nilai transaksi jual beli online selama bulan Ramadhan mengalami kenaikan yang signifikan. Seperti hasil studi yang dilakukan oleh aCommerce, salah satu penyedia solusi eCommerce untuk wilayah Asia.

Ini tidak lepas dari kejelian penggiat bisnis online dalam membaca situasi. Bermacamnya produk yang diluncurkan untuk menyambut Ramadhan mendapat tanggapan baik dari konsumen. aCommerce menentukan studinya dari basis data yang diambil dari lima kliennya dengan rangkaian produk berbeda: pakaian muslim, fashion, olahraga, kecantikan dan umum selama dua minggu jelang bulan puasa (7-20 Juni) dan dua minggu pada tanggal 28 Juni-11 Juli.

Strategi Marketing Online Bag. II: Memanfaatkan Konsumen Sebagai Marketing Tools

gambar dari http://thewherewithal.org/Konsumen yang puas bisa menjadi marketing tool yang handal bukanlah sebuah rahasia lagi. Menyarankan konsumen Anda untuk merekomendasikan produk dan jasa Anda lewat komentar di salah satu halaman website Anda, atau melalui sosial media seperti Facebook dan Twitter merupakan cara efektif.

Bagi pebisnis online sendiri sebuah testimonial, komentar atau share yang berupa link referral  menuju halaman produk dan jasa di dalam website bisa menjadi kombinasi sempurna antara strategi marketing tradisional dan modern dalam bentuk digital referral.

Strategi Marketing Online Bag. I: Optimalkan Pencarian Lokal

optimalkan-local-searchMereka yang memahami pemasaran digital, mengetahui betul jika tak perlu mahal untuk memperluas target pasar dan memperoleh populasi pelanggan baru.

Sayang, minimnya sosialisasi dan edukasi tentang hal ini sering menjadi perangkap banyak pelaku bisnis komersial yang telah menghabiskan puluhan hingga ratusan juta rupiah demi mensukseskan kampanye marketingnya.

Bagi Gravcode sendiri hal ini merupakan ironi untuk Indonesia. Di mana penggunaan internet mulai diperluas dan harga aksesnya pun dipermurah agar bisa dinikmati setiap orang untuk revolusi teknologi bangsa, memanfaatkannya untuk mencari nafkah malah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Prospek Berjualan Busana Muslim Online

online-shopping_0Beberapa artikel yang dimuat di merdeka.com menyuarakan soal Menteri Dalam Negeri yang yakin jika industri fesyen muslim di Indonesia ialah yang terbaik di dunia. Negara tetangga seperti Brunai dan Malaysia pun belum bisa sejajar dengan produksi dan konsumsi busana muslim seperti di Indonesia.

Dalam hal ekspor busana muslim, Indonesia termasuk negara mayor. Inilah fakta yang menyemarakkan pengusaha-pengusaha baru yang banting setir dengan membuka usaha berjualan busana muslim.

Tapi seperti Indonesia pada umumnya, pergerakan industrinya masih sporadis. Skalanya kecil, tanpa visi dan kreativitas, memang ini bisa dimaklumi, modal juga lah yang menjadi penghambat utama. Siasat dagang pun sudah banyak diluncurkan.